S1 Ilmu Politik

Tentang Program Studi

Akreditasi

B

Website

-

SELAYANG PANDANG

  • Program Studi Ilmu Politik FISIP UTA’45 Jakarta merupakan institusi pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyakarat dalam bidang ilmu politik yang berbasis pada penciri “Politik Keamanan, Kepartaian &
  • Politik Keamanan dalam hal ini tidak selalu berbicara soal militer, persenjataan, taktik perang, atau dari perspektif agresi suatu negara, melainkan melampaui hal-hal itu. Melalui penciri ini para mahasiswa/i diajak memahami hakikat keamanan dari sudut pandang politik. Konsekuensinya adalah ketika penciri secara penuh berkaitan dengan aspek politik, maka yang dilihat dari aspek politik keamanan ialah dinamika, strategi dan kebijakan politik serta relasi kuasa dalam pengelolaan keamanan konvensional maupun non-konvensional.
  • Penciri Kepartaian dan Kepemiluan ini dalam pengembangannya akan mengajak para mahasiswa/i untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif tentang persoalan yang meliputi pengorganisasian partai politik dan pemilu serta pola perilaku memilih dan pemasaran politik (marketing politik). Partai politik merupakan institusi politik yang sangat penting dalam bekerjanya sebuah sistem politik yang demokratis dan sebagai penopang utama dalam penyelenggaraan pemerintahan.
  • Sedangkan, pemilu merupakan mekanisme yang sangat vital bagi rakyat untuk memilih para pembuat kebijakan (baik eksekutif maupun legislatif) dalam konteks demokrasi perwakilan yang diterapkan di Indonesia. Perilaku memilih ialah suatu kajian yang menelusuri dan mengidentifikasi corak dan pola laku politik para pemilih dan yang dipilih dalam konteks kontestasi politik seperti pemilu.
Tampilkan Lebih Banyak expand_more

Kami siap membantu anda

Apabila kamu memiliki kendala atau pertanyaan. Silakan hubungi kami atau dapat juga membaca user guide (petunjuk) pendaftaran terlebih dahulu

Butuh Bantuan? Hubungi Kami!